Paket JNE Belum Sampai ke Penerima, Tapi Status Sudah Delivered (KASUS KE-2!)

Senin, Mei 27, 2013 49 Comments A+ a-

Saya owner dari online store Omote-Fashion.com yang menjual baju-baju import.
Mungkin saya sedang diuji oleh Allah SWT. Belum selesai kasus saya tentang paket yang entah dimana keberadaannya seperti yang saya tulis kronologinya disini, tiba-tiba pagi ini saya dikejutkan dengan inboks seorang buyer bernama Anna (Suriyati) yang mengeluh paketnya belum sampai.

Saya mengirim paket ke mbak Suriyati tanggal 20 Mei 2013 dengan ongkir reguler ke Cirebon, dan saya perkirakan tanggal 23 Mei 2013 sewajarnya paket sudah diterima buyer saya tersebut.

Saya segera mengecek resi dan mendapati hal yang sama persis seperti kasus saya yang sebelumnya!
Barang belum diterima dan info di web JNE menyebutkan sudah DELIVERED. Info yang benar-benar bertentangan dan membuat saya tidak enak ke buyer.



Saya segera menjawab keluhan tersebut dan berhati-hati mengarahkan cust saya ini. Syukur alhamdulillah, cust saya ini termasuk yang pengertian dan sepertinya bukan orang baru dalam memakai jasa kurir. Dia juga tanpa saya komando, berinisiatif langsung menelepon JNE Cirebon untuk meminta kejelasan. Dan saya mendapat info dari cust saya bahwa paketnya salah kirim. Saya benar-benar kecewa dengan JNE. Dalam bulan ini 2 kiriman saya terhambat, dan nasibnya belum jelas.

Bagaimanapun, saya mau kurir ini bertanggung jawab. Dan saya menyarankan cust saya untuk mencari tau no HP kurir yang mengantar paket itu, dan bertemu dengannya . Jika perlu mereka berdua bersama-sama pergi ke tempat si kurir salah mengantar paket dan mengambil kembali paket itu.

Saya tidak habis pikir, kenapa setelah tarif naik kinerja JNE ini justru menurun.
Ini ujian bagi saya, dan saya harap JNE bisa bertanggung jawab menangani hal ini.

28 Mei 2013
Saya menghubungi JNE pusat Cirebon. Setelah mengungkapkan masalahnya mereka bilang akan kroscek terlebih dulu dan meminta saya menelpon kembali jam 11 nanti.
Saya memberikan no HP buyer saya dan meminta mereka menghubunginya, terutama si kurir yang mengantarkan paket itu.

Setelah menelpon JNE, saya kembali menghubungi buyer saya. Ia mengadu bahwa ia sudah mendapatkan nomor HP atasan kurirnya. Namun atasan tersebut menolak memberikan no HP kurir, dan memintanya untuk menunggu. Alasannya karena JNE akan follow up dahulu ke rumah orang yang salah kirim itu.

30 Mei 2013
Anna (Suriyati) meminta saya mengirimkan nota pembelian karena JNE sudah memutuskan untuk mengganti saja paket itu. Dengan kata lain, sudah dianggap hilang. Saya segera mengirimkan nota pembelian yg diminta.
Saya benar-benar merasa tidak enak dengan buyer saya, dan sepertinya dia sudah kapok pakai JNE. Ia meminta saya mengirimkan orderannya yang berikutnya via kurir lain.

4 Mei 2103 
Beberapa hari tidak ada kabar. Saya berinisiatif kembali menghubungi buyer saya untuk mengetahui perkembangan kasusnya.

Saya senang dengan buyer saya ini, selain mudah diajak kerja sama untuk menyelesaikan masalah, ia juga cepat menanggapi saya dan agresif menuntuk hak nya ke JNE. Sikapnya sangat membantu, sehingga saya bisa melihat bahwa masalah ini sudah menemukan titik terang dan kepastian. Berbeda dengan kasus paket saya yang satu lagi yang masih menggantung.

Ia memberi informasi pada saya bahwa ia sudah bertemu dengan kurirnya hari Jumat lalu (31Mei) . Dan dijanjikan besok akan mengganti kehilangan tersebut.


6 Mei 2013
Akhirnya, saya mendapat kabar bahwa kehilangan tersebut sudah diganti dengan nominal uang oleh kurir yang bersangkutan. Saya merasa sangat lega. Sis Suriyati juga masih berniat untuk memesan kembali pada saya, namun ia meminta saya untuk mengirim paket via kurir lain. Sepertinya ia sudah kapok dengan JNE.

Jadi kesimpulannya, kasus selesai dengan damai. Alhamdulillah.


Saya seorang istri, seorang ibu, seorang wirausaha sekaligus freelancer yang bekerja dari rumah.
Mengasuh Aika, buah hati saya yang kini berusia 5 bulan sambil bekerja dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga adalah tantangan sendiri.

Saya mengelola dua online store terpisah yang masing-masing menjual produk yang berbeda, yaitu hijab dan tas import. 

Saya orang yang sederhana, dan addict sama makanan yang bertema coklat.
Saya suka fashion, make up, dan budaya pop Jepang (Manga, anime, j-pop).
Saya suka fotografi tapi ngga begitu doyan selfie.
Saya punya hobi ilustrasi yang belakangan ini saya salurkan ke fashion design


++++++Best Regard++++++++







49 komentar

Write komentar
1 Juni 2014 13.30 delete

Saya baru mengalami hal yang sama, dimana dalam resi tertulis saya sendiri yang menerima paket tapi nyatanya tidak ada kiriman sama sekali. Sudah mencoba menghubungi JNE berulang kali tp tidak direspon, sungguh mengecewakan, mungkin saya harus ganti jasa pengiriman lain yang lebih dapat dipercaya selain JNE.

Reply
avatar
17 Maret 2015 13.43 delete

Saya juga masih bingung pesanan saya blm sampai tapi delivered saya harus komplain kepada siapa dulu?tokopedia?atau jne?

Reply
avatar
3 Juni 2015 10.28 delete

yth. JNE,

Mohon informasi, apa betul layanan jne jika ada pengiriman tidak sampai ke alamat. karena selama ini saya pakai jasa jne jika ada kiriman selalu tidak di kirim sampai ke alamat, kita ambil sendiri di kantor JNE ( Pati JaTENG ) atau terdekat di kecamatan. dengan alasan dari jne nya, kalo kirim ke alamat saya hanya satu.
mohon penjelasan. terimakasih. Wahu susatya

Reply
avatar
25 Agustus 2015 17.08 delete

JNE emang kurir sekelas lubang anus. Slalu Salah kirim bahkan kadang hilang tanpa kabar,, adik Saya pedagang tas n' sandal online bbrp Bulan lalu rugi 2,7 jt Akibat tingkah polah jasa kurir yg Satu ini. Tanpa ganti rugi, akhirnya sy skluarga meminta adik sy mengikhlaskan saja kejadian itu. Adik sy seorang pelajar SMA, bagi sy pun yg bkerja 2,7 jt itu bukan angka yg sedikit, cb anda bayangkan bagi dy yg susah payah mengumpulkan modal sampai senilai itu. Cb pikir!.

Reply
avatar
herik
AUTHOR
28 Agustus 2015 22.00 delete

Ternyata selain saya, banyak juga yang kecewa dengan JNE. Paket tidak sampai tapi di sistem tracking DELIVERED dengan nama yang saya gak kenal sama sekali. Ada yang punya rekomendasi jasa pengiriman pake yang lain?

Reply
avatar
2 September 2015 03.33 delete

Kejadian sama seperti saya, saya belanja di online shop udh di kasih no.resi dan pas saya cek resinya status barang udh delivered, sedangkan keterangan nama penerima barangnya saya ga kenal sama sekali, kecewa banget sm jne.. Bukannya hepi belanja malah duit ilang, barang pun gaada

Reply
avatar
el kira
AUTHOR
22 September 2015 15.42 delete

JNE emang cacat gan. saat itu saya tlpn jne pusat d kota saya kalau saya mau minta nomer hpnya kurir yg ngntr brng blangnya gaboleh krn alasan keamanan kurir. pas nanya barang udh d kirim blngnya kurir udh d jln tlong untk mnnggu. msak dri pgi suruh nunggu sampai maghrib blm dteng2. lah apa'an. trus nnya k agen trdekt mlah di marah2 in gajelas. emng jne fuck abis dah

Reply
avatar
Citra Tra Tra
AUTHOR
12 November 2015 10.57 delete

sama dong masa saya kirim barang statusnya udh deliverd tapi customer blm nerima.. saya bingung udh tlpn jne di Bandung mereka kan investigasi dlu casenya.. Terus saya tlpn JNE Karwang ga ada yang angkat terus.. Parah bgt deh.. Lain kali kayanya mau pke Kantor Pos aja deh lebih bertanggung jawab sampai di tangan customer.. ga pernah titp" k orang lain..

Reply
avatar
Myth
AUTHOR
10 Desember 2015 03.21 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
Myth
AUTHOR
10 Desember 2015 03.22 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
Myth
AUTHOR
10 Desember 2015 03.22 delete

Ternyata bukan cuma saya yang kena, malam ini saya baru sadar paket sudah delivered tadi sore atas nama saya, tapi itu pun salah eja, padahal saya belum terima barang. Belanja di Tokped pesen pake Pos, eh penjualnya kirim pake JNE. Kalo kyk gini kan bikin repot penjual dan pembeli, saya jd gak enak jg ke penjual, bisa dikira bohong saya. Kalo kurirnya sendiri sudah nakal kan susah, siapa yang tegur tidak jelas. Sue bener, semoga cepet kelar, biarpun gak seberapa tapi bikin pusing dan ganggu fokus.

Reply
avatar
15 Desember 2015 01.05 delete

ini barusan aja paket saya juga bermasalah --"

coba besok saya cek ke JNE pusat semarang

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
15 Desember 2015 18.16 delete

JNE PARAH PISAAAAANNN....

Reply
avatar
Dicky Ahmad
AUTHOR
22 Desember 2015 18.13 delete

Euh ternyata banyak juga yang kayak gini. Baik seller maupun buyer. Kebetulan kemaren ane belanja barang di BL, dua barang yang beda ke alamat yang sama. Dua-duanya statusnya DELIVERED, tapi nama penerimanya beda, dan yang nyampe cuma satu, satu lagi entah nyasar kemana.

Udah komplain ke BL, seller, sama JNE nya, tapi masih belom ada kejelasan, hiks.

Reply
avatar
ninadayu
AUTHOR
2 Januari 2016 14.37 delete

Saya juga baru aja mengalami hal yg sama. Paketan untuk cust, statusnya delivered tp nyatanya tidak sampai ke tangan cust.
Selain itu, saya juga sering transaksi online, memang kalo JNE agak rusuh. Kalo cust lagi ga ada di rumah, si kurir langsung taro barangnya di depan rumah. Untung kalo tidak hilang. Berbeda dengan pengalaman saya waktu saya belanja di olshop tertentu, mereka menggunakan jasa kurir SI CEPAT. Saat saya tidak ada di rumah, mereka menggantungkan pesan yg bertuliskan "we were here but no one's home. Please call ...."
Just sharing, menurut saya sekarang jasa si cepat lebih baik dari jasa kurir yg lain dan harganya juga bersaing.

Reply
avatar
3 Januari 2016 01.14 delete

Wah... ternyata banyak juga yh yg komplain dgn jne ini. Saya juga baru kejadian seperti ini. Masa saya cek resi dari penjual status nx udh delivered. Nama penerimanya juga saya gak kenal.. trus saya liat kota nya malah di kirim ke kota padang.. padahal saya padangsidimpuan.. sialan tuh jne asal input ajha yg slh n asal antar.. kalo di tanya ke jne nx seh katanya tuh pakek mseh berada d jne padang bentar lgi proses pengiriman ulang ke alamt saya.. tpi lok emang begitu kenapa di status nya malah udah delivered??? Gak jelas banget emang nih se jne ��

Reply
avatar
18 Januari 2016 18.10 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
hanny juni
AUTHOR
18 Februari 2016 19.08 delete

Kejadian terbaru paket saya belum tau ada dimana. Tertulis diterima atas nama saya sendiri padahal belum. Sudah tanya ke JNE depok dan Kurir yg biasa antar mengaku tdk ada pengiriman utk saya. Dari siapa jne menerima laporan bahwa paket sudah diterima? Tidak ada bukti sama sekali.

Reply
avatar
noni astria
AUTHOR
19 Februari 2016 15.13 delete

Saya jg mengalami hal yg sama..pesan buku via teman dikirim dr tgl4 jan sampai hari ini blm sampai..tp klo liat sih sdh delivered..n anehnya katanya smpai k tangan saya tgl6 jam 00.00.. Apa iya masih ada kurir yg kerja jam sgitu?? Trus penerimanya tidak dikenal..curiga yg nerimanya makhluk halus kali.. -_-"

Reply
avatar
yuspik ilham
AUTHOR
24 Februari 2016 06.49 delete

ini saya juga mengalami nya, ini kali kedua malah, status delivered atas nama saya sendiri, tp barang tidak ada, bahkan tidak ada kurir yg menghubungi saya padahal no telp tertera jelas di alamat, untuk kasus pertama mandek di Agen ternyata, ntah yg kali ini belum saya cek disana, padahal kalau memang blm diantar ngapain juga di nyatakan terkirim.

Reply
avatar
izet ismail
AUTHOR
4 Maret 2016 23.28 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
22 Maret 2016 12.07 delete

Menyebalkan sekali JNE ini! Ongkos naik tapi pelayanan asal-asalan. Saya skrg juga sedang mengalami hal demikian. Paket belum diterima tapi status delivered.

Reply
avatar
Auvia Inayati
AUTHOR
28 Maret 2016 20.40 delete

jengkel bgt sama jne.. saya baru saja mengalami hal yang sama.. paket blm diterima tapi statusnya sudah delivered.. jne maunya apa coba ?

Reply
avatar
sri hapsari
AUTHOR
4 April 2016 05.49 delete

JNE bagaimana pelayanan kamu..sy krm makanan basah pakai yes tgl 2 tp smpi skrg blm di trm..alasan rmh kosong..khan sdh ada no tlp knp tdk cb di hub..lagian itu rmh g prnh ksg..

Reply
avatar
sri hapsari
AUTHOR
4 April 2016 05.49 delete

JNE bagaimana pelayanan kamu..sy krm makanan basah pakai yes tgl 2 tp smpi skrg blm di trm..alasan rmh kosong..khan sdh ada no tlp knp tdk cb di hub..lagian itu rmh g prnh ksg..

Reply
avatar
sri hapsari
AUTHOR
4 April 2016 05.50 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
sri hapsari
AUTHOR
4 April 2016 05.51 delete

JNE bagaimana pelayanan kamu..sy krm makanan basah pakai yes tgl 2 tp smpi skrg blm di trm..alasan rmh kosong..khan sdh ada no tlp knp tdk cb di hub..lagian itu rmh g prnh ksg..

Reply
avatar
Wahyu Kitech
AUTHOR
6 April 2016 11.40 delete

JNE bagus kok..
Hanya saja kitanya yang belum memahami proses E-Commerce..
Dan bila kehilangan bisa di ganti kok, coba aja ke kantor JNE..
Saya sudah beberapa kali pakai JNE, dari barang biasa sampai jutaan , semua lancar jaya.
Bukan memihak yah..

Reply
avatar
Prita Puspa
AUTHOR
7 April 2016 22.11 delete

Emng bangke ni jne, sering bgt paket gw salah kirim dan yg trkhir ini gak ktahuan ada dmn! Harusnya slain nama penerima tertera lgsg konfirmasi via tlp dong.. Saya mau Mint ganti rugi!

Reply
avatar
Prita Puspa
AUTHOR
7 April 2016 22.12 delete

Emng bangke ni jne, sering bgt paket gw salah kirim dan yg trkhir ini gak ktahuan ada dmn! Harusnya slain nama penerima tertera lgsg konfirmasi via tlp dong.. Saya mau Mint ganti rugi!

Reply
avatar
8 April 2016 20.55 delete

Hadeeuuhhh.. pesanan sy jg dah sminggu blm nyampe.. jangan2 nyasarr..

Reply
avatar
Rinno Noval
AUTHOR
8 April 2016 21.45 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
Rinno Noval
AUTHOR
8 April 2016 21.45 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
13 April 2016 03.24 delete

Sy belum pernah complain terhadap layanan JNE, selama menggunakan jasa JNe fine2 sj tuuh... Alhamdulillah,😀

Reply
avatar
15 April 2016 12.17 delete

Ini jne gimana sih? Paket blm saya terima tp sudah delivered dan penerima bukan sy, katanya mau difollow up sampai skrg masih ga jelas! Payahhhhhhhh!!!!!

Reply
avatar
Desy Andria
AUTHOR
24 April 2016 06.59 delete

saya sangat bener2 kecewa sama JNE karna apa barang aku udah 2minggukurang belum nyampe2 tolong lah perbaiki lagi biar pelanggan ga kecewa seperti aku

Reply
avatar
Desy Andria
AUTHOR
24 April 2016 07.01 delete

saya sangat bener2 kecewa sama JNE karna apa barang aku udah 2minggukurang belum nyampe2 tolong lah perbaiki lagi biar pelanggan ga kecewa seperti aku

Reply
avatar
13 Mei 2016 09.11 delete

saya juga nih hampir 1 minngu lebih barang jg belum sampai, uda cape telp ke jne berkali - kali alasannya itu-itu aja cuma mau di kroscek dulu...ditelp ke jne di panjaitan jakarta timur juga gak pernah diangkat, harusnya klo begini pihak jne harus ada perombakan untuk kedepannya lebih baik

Reply
avatar
neni.Purba
AUTHOR
13 Mei 2016 15.14 delete Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
avatar
neni.Purba
AUTHOR
13 Mei 2016 15.15 delete

Coba Hubungi Customer Care nya (Via Twitter, Past Respond), untuk mengetahui kondisi dan kendala pengiriman, saya juga sudah 10 hari barang tdk sampai, kemudian saya coba tweet CustCareJNE nya,,, eeh ternyata kendala di alamat, No rumah saya tdk di buat ama si seller(kurang Fokus). Tapi emang sih JNE ini Edan juga, harus nya paket yg alamat nya kurang lengkap(misal saya hanya kurang No rumah)kan bisa ditelpon Itu Nomer HP penerima, Konfirmasi Ulang Alamat kan BERES,,, ini saya lagi nunggu kejelasannya, semoga dehh segera di antar setelah saya konfirm ulang alamat saya.

Reply
avatar
neni.Purba
AUTHOR
13 Mei 2016 15.16 delete

Coba Hubungi Customer Care nya (Via Twitter, Past Respond), untuk mengetahui kondisi dan kendala pengiriman, saya juga sudah 10 hari barang tdk sampai, kemudian saya coba tweet CustCareJNE nya,,, eeh ternyata kendala di alamat, No rumah saya tdk di buat ama si seller(kurang Fokus). Tapi emang sih JNE ini Edan juga, harus nya paket yg alamat nya kurang lengkap(misal saya hanya kurang No rumah)kan bisa ditelpon Itu Nomer HP penerima, Konfirmasi Ulang Alamat kan BERES,,, ini saya lagi nunggu kejelasannya, semoga dehh segera di antar setelah saya konfirm ulang alamat saya.

Reply
avatar
neni.Purba
AUTHOR
13 Mei 2016 15.19 delete

sebaiknya datangi Cabang terdekat mba,,, kalau Via Telpon mah, Call Centre nya rada ngaco emang. semoga terselesaikan masalah nya, saya juga lg nunggu paket saya nih. :)

Reply
avatar
Annie Ruroh
AUTHOR
27 Mei 2016 02.41 delete

Sepertinya saya juga sedang diuji.berkali2 pake jne ga ada masalah.tapi kali ini paket yg seharusnya sudah sampai dari kemarin blm sampai...dari laporan trucking bukalapak yg di email ke saya. Status hari pertama barang telah diterima,nama penerima tidak dikenal,barang tertukar,dijadwalkan ulang. Hari kedua statusnya alamat tidak jelas,rumah kosong.
Padahal itu alamat kantor yg dijaga 24 jam sama pak satpam.karena penasaran saya cek langsung truckingnya di jne.co.id. mencengangkan status yg tertera justru barang di gateway jakarta.padahal alamat saya purwokerto jawa tengah. Jadi was -was nih,rencana besok mau cek langsung k jne. Mudah2 an pihak jne bersahabat dan barang bisa segera saya dapatkan.

Reply
avatar
28 Mei 2016 13.03 delete

Iya nih bingung gw make JNE,gw baru order barang via TokPed udh dr tgl 22 dan barang dikirim tgl 23. POD sdh tertulis tanggal 27,dan status masih ON PROCESS. Apa maksudnya yaa? Apa barangnya masih ditangan kurir?

Reply
avatar
mahisama
AUTHOR
29 Mei 2016 21.07 delete

iyah, barangnya masih di kurir. Coba telepon ke cabang JNE nya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
1 Juni 2016 14.12 delete

Brang uda nyampe bandar lampung dr tngl 22,tp kok smpe sekarang barang nya blum nympe rumah,mau cek langsung k kantor jaug bangett dr lampung timur k bandar lampung...haduhhh ,,jd berkurang ni kpercayaan ny

Reply
avatar
Eni Meliyana
AUTHOR
1 Juni 2016 14.12 delete

Brang uda nyampe bandar lampung dr tngl 22,tp kok smpe sekarang barang nya blum nympe rumah,mau cek langsung k kantor jaug bangett dr lampung timur k bandar lampung...haduhhh ,,jd berkurang ni kpercayaan ny

Reply
avatar
MAHISAMA
AUTHOR
2 Juni 2016 18.26 delete

Coba telepon ke JNE pusatnya mbak.

Reply
avatar
8 Juni 2016 10.57 delete

iya JNe kadang g profesional. status delivered dan yg nrima tetangga. setelah 1 jam kmudian si kurir dateng ngasih kiriman paket yg dlm status ordernya udah delivered ditrima tetangga tdi. kan aneh. untung sy blm ke tetangga nanyain paketan sy. klo sy nanya ksna kan dikira sy nuduh. anehnya kok tetangga sy ya yg dijadiin korban jg. dan tetangga sy memang sering nrima paket klo pas sy atau tetangga lain g ada di rumah.udah gtu tanggalnya tanggal status di web jne 2 juni pdhl proses 7 juni.

Reply
avatar